4 Strategi Kampanye Pemasaran Terbaik untuk Pertumbuhan Bisnis - Berbagi Info

4 Strategi Kampanye Pemasaran Terbaik untuk Pertumbuhan Bisnis

4 Strategi Kampanye Pemasaran Terbaik untuk Pertumbuhan bisnis
Manfaat Strategi Pemasaran pada bisnis


Pada dasarnya, semua strategi pemasaran bertujuan untuk menarik perhatian calon pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan bisnis Anda. Namun, ini berbeda dengan strategi kampanye pemasaran yang memiliki tujuan lebih spesifik.Biasanya, perusahaan melakukan marketing campaign atau kampanye pemasaran ketika memiliki tujuan dan target bisnis tertentu. Misalnya, untuk meningkatkan kesadaran merek, meluncurkan produk baru (peluncuran produk), meningkatkan citra merek dan citra perusahaan, meningkatkan umpan balik pelanggan dan metrik keterlibatan, menganalisis sentimen merek, dan meningkatkan tingkat konversi.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda memerlukan strategi kampanye pemasaran yang berbeda. Melalui artikel berikut ini, kami akan mengulas strategi marketing campaign terbaik dan tersukses yang bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda.


Apa itu kampanye pemasaran?

Menurut Hubspot, strategi kampanye pemasaran atau marketing campaign adalah strategi promosi yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu dalam bisnis tertentu. Misalnya meningkatkan engagement rate Instagram, meningkatkan penjualan (sales growth), menarik perhatian lead atau prospek, menguasai market share atau pangsa pasar.

Perlu Anda ketahui bahwa marketing campaign itu sendiri sebenarnya bukanlah branding atau strategi pemasaran utama dari sebuah brand. Sebaliknya, itu adalah bagian dari strategi pemasaran dan rencana pemasaran yang dijalankan bisnis Anda. Misalnya, perusahaan yang menjalankan kampanye khusus untuk pemasaran musiman, seperti hari belanja online, promosi Hari Raya, dll.

Namun, bukan berarti kampanye bukan bagian penting dari kegiatan pemasaran. Sebaliknya, kampanye pemasaran menjadi ujung tombak yang memengaruhi tahapan pemasaran lainnya. Misalnya, kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness. Jika kampanye ini berhasil, prospek akan mengetahui lebih banyak tentang produk tersebut dan memiliki kesempatan untuk mengubah Anda menjadi pembeli.

Sedangkan pelaku bisnis dapat melakukan kampanye pemasaran dengan berbagai media. Kampanye pemasaran digital dan tradisional. Misalnya melalui email marketing, social media marketing, social messaging, digital advertising (Facebook Ads, Instagram Ads, hingga Google Ads), iklan televisi dan radio, penyelenggaraan event, penggunaan flyer dan billboard.


Manfaat Kampanye Pemasaran

Seperti yang dijelaskan di atas, bisnis dapat menyesuaikan kampanye pemasaran berdasarkan tujuan bisnis. Namun secara keseluruhan, kegiatan marketing campaign ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut:



1. Meningkatkan citra merek

Manfaat yang pertama adalah untuk meningkatkan citra merek atau brand image. Karena dengan menjalankan marketing campaign, bisnis Anda dapat meningkatkan brand awareness sehingga brand tersebut semakin populer.

Apalagi jika bisnis Anda memiliki unique selling point tersendiri dengan tagline, slogan dan value proposition-nya. menarik . Dengan demikian, bukan tidak mungkin brand Anda akan cepat viral dan dikenal orang sebanyak-banyaknya.

Contohnya adalah kampanye viral marketing brand Apple dengan slogan “Think different”. Tagline tersebut menjadi viral dan menjadi perbincangan di mana-mana, yang membuat Apple semakin terkenal. Maka, selain kualitas produknya, Apple juga berhasil tampil menonjol dengan “menjual” slogannya.


2. Menarik lebih banyak prospek

Manfaat lainnya adalah kampanye pemasaran dapat membantu bisnis menarik lebih banyak prospek atau prospek berkualitas. Logikanya, jika brand image sudah terbentuk dan brand Anda sudah populer, maka akan banyak prospek yang melirik produk Anda.

Prospek ini adalah kunci keberhasilan bisnis Anda. Memang, Anda akan melakukan pengasuhan prospek untuk mengonversi mereka (konversi prospek) dan mengubahnya menjadi pelanggan potensial. Bersama pelanggan, Anda juga akan mendapatkan keuntungan (keuntungan) dan pemasukan bisnis dari produk yang dijual.

Selain itu, calon pelanggan yang puas dengan kualitas produk berpeluang menjadi pelanggan setia yang akan terus menggunakan merek Anda. Jika loyalitas merek terbentuk karena kepuasan pelanggan, mereka dapat memikat atau memengaruhi orang lain untuk menggunakan produk Anda.

Dengan demikian, Anda juga akan mendapatkan prospek baru dari para pelanggan setia tersebut. Hal ini akan memberikan pengaruh positif bagi keberlangsungan dan pertumbuhan bisnis Anda di masa mendatang.



3. Meningkatkan sales growth atau total penjualan

Manfaat ketiga adalah meningkatkan pertumbuhan penjualan atau jumlah penjualan produk. Ini adalah efek domino dari dua keunggulan kampanye pemasaran sebelumnya. Jika merek menjadi lebih terkenal dan menarik lebih banyak prospek, peluang untuk menarik konsumen juga akan meningkat. Oleh karena itu, hal ini juga akan berdampak pada peningkatan penjualan dan keuntungan.


Strategi Kampanye Pemasaran Terbaik



Mengetahui pentingnya dan manfaat kampanye pemasaran untuk bisnis, apa saja strategi kampanye pemasaran terbaik yang dapat Anda terapkan?

1. Tentukan tujuan Kampanye Pemasaran

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, marketing campaign adalah strategi pemasaran dengan tujuan bisnis tertentu atau spesifik. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan terlebih dahulu tujuan kampanye pemasaran. Ini akan memudahkan Anda merancang strategi, topik, dan konsep yang akan Anda gunakan dalam kampanye Anda.

2. Jangan lewatkan Tren

Misalnya, perusahaan Anda baru saja meluncurkan produk baru dan ingin mempresentasikannya ke publik. Kemudian Anda bisa melakukan strategi event marketing, experiential marketing, atau press release agar banyak orang mengetahui. 

Salah satu kunci sukses strategi marketing campaign adalah memanfaatkan momen atau tren yang sedang viral saat ini. Karena pada dasarnya seiring dengan perkembangan teknologi dan tren pemasaran, mayoritas masyarakat Indonesia saat ini sedang mengalami FOMO (takut ketinggalan). Ini adalah rasa takut ketinggalan berita atau tren tertentu.

Anda juga dapat menggunakannya sebagai konsep kampanye pemasaran. Namun, pertimbangkan untuk memberikan citra positif agar produk Anda tidak terpengaruh jika berita yang viral berkonotasi negatif. Anda dapat memantau tren melalui riset pasar, riset media sosial, atau riset kata kunci mesin pencari. 

Contoh strategi kampanye yang bisa Anda gunakan adalah pembajakan informasi atau penyebaran produk musiman. Misalnya brand lokal Indomie yang merilis kemasan baru sebagai strategi pemasaran di bulan Ramadan, dimana brand mi instan tersebut tidak mencantumkan gambar mi di sampulnya. Kampanye ini menjadi viral di media sosial. Bahkan, banyak orang yang membeli Indomie hanya untuk melihat keunikan kemasannya.

3. Berpikir Kreatif dan Out of the box  

Sebagai seorang pemasar, tentunya Anda perlu menghadirkan strategi kampanye pemasaran yang unik dan kreatif. Dengan demikian, strategi kampanye Anda akan berbeda dengan kompetitor lainnya.

Contohnya, saat ini banyak brand yang melakukan kampanye terkait pandemi Covid-19. Selain untuk meningkatkan kesadaran, kampanye ini juga bertujuan untuk memancing empati dan emosi di masyarakat. Menariknya, hampir setiap perusahaan kini telah membuat iklan terkait pandemi.

Tentu saja, Anda juga tidak dapat melewatkannya dan membuat kampanye dengan tema serupa. Namun, pastikan kampanye Anda memiliki perbedaan atau fitur yang membedakannya dari para pesaingnya. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu melakukan analisis pesaing atau analisis persaingan.

Dengan menganalisis pesaing Anda, Anda dapat mengetahui konsep unik mana yang berbeda dan tidak ditiru oleh perusahaan lain. Jangan takut untuk berpikir di luar kotak. Karena dengan begitu masyarakat akan lebih mudah mengingat kampanye Anda.

4. Pilih saluran Pemasaran yang tepat

Mayoritas brand tentunya tidak hanya menggunakan satu channel untuk memasarkan produknya. Namun, pastikan Anda memilih saluran pemasaran yang tepat untuk menjalankan kampanye Anda. Karena setiap saluran pemasaran memiliki karakter yang berbeda. Karena itu, pertimbangkan terlebih dahulu target pasar dan kampanye yang Anda buat.

Cari tahu media mana yang paling sering mereka gunakan. Misalnya, jika target audiens Anda kebanyakan adalah kaum milenial yang menggunakan media sosial, Anda bisa mulai fokus membuat kampanye di platform media sosial. Buat konten pemasaran yang menarik, unik, dan mudah diingat untuk audiens target Anda.

Pantau juga hasil kampanye menggunakan metrik tertentu. Tujuannya adalah untuk menentukan efektivitas strategi kampanye pemasaran Anda.

Ini adalah 4 strategi kampanye pemasaran yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda. Dengan kampanye pemasaran yang tepat, Anda juga dapat merumuskan strategi pertumbuhan bisnis yang efektif dan efisien di masa mendatang.

Selain menerapkan strategi marketing campaign yang tepat, Anda juga bisa memanfaatkan jasa digital marketing agency yang bisa membantu Anda mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diterapkan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 digital marketing dan data driven marketing agar bisnis bisa berkembang pesat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel